Kamis, 01 Juni 2017

Cara Mudah Setting DHCP SERVER Di MIKROTIK

Hai sobat jumpa lagi dengan timekom,timekom kali ini akan membahas tentang bagimana Cara Mudah Setting DHCP SERVER DI MIKROTIK mungkin sobat yang pemula bisa mencoba cara ini,atrikel ini memang cocok sekali untuk para pemula dan untuk para sobat yang ingin selalu belajar.
kita sekarang akan konfigurasi DHCP pada Mikrotik menggunakan Winbox, fungsi DHCP adalah untuk memberikan ip secara otomatis ke client,jadi sobat tidak perlu melakukan setingan ip secara manual.

Dynamic Host Configuration Protocol adalah protocol yang berbasis arsitektur  client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat ip dalam satu jaringan. sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP maka akan melakukan pemberian ip address ke komputer client secara manual. Jika DHCP server dipasang pada jaringan lokal maka semua komputer yang terhubung dijaringan akan mendapatkan ip secara otomatis dari DHCP Server. Selain alamat IP banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.




Langkah-langkahnya sebagi berikut :

1. Langkah pertama sobat masuk Winbox  ke Menu IP > DHCP SERVER Klik DHCP Setup

Lalu pilih interfaces yang akan sobat gunakan untuk DHCP server,di contoh ini saya pakek ether2-lan karena ether tersebut terhubung ke hub lan.
Lalu klik next.



2. Isikan ip yang nantinya akan menjadi gateway pada PC client,192.168.1.1 lalu klik next




3. Tentukan range atau batasan yang akan sobat berikan pada PC client lalu klik next




4. Select DNS server berikan ip Dns yang akan sobat berikan pada komputer client, pastiin dulu mikrotik sekaligus menjadi DNS server dengan centang Allow Remote Request di menu Winbox IP > DNS
DNS Server : 192.168.1.1
Lali klik next



5. Pada wizard terakhir Leased Time klik next dan DHCP Server pada Mikrotik sudah jadi.

Pengujian

Setting Lan card dikomputer sobat menjadi "Obtain an Ip Address automatically"



jika sukses maka Lan card sobat akan mendapat ip secara otomatis dari Mikrotik.



oke sobat sampai disini dulu tutorial singkat dari timekom,semoga tutorial ini bisa membantu sobat dan memudahkan sobat dalam mensetting mikrotik baca juga Cara Membuat User Hotspot Secara Masal,dan semoga sobat cepat dalam memahaminya amin,trimakasih :)



1 komentar:

  1. Gambling Casino NJ - $10 No Deposit Bonus Code - JTM Hub
    The most attractive 넷마블 바카라 new customer bonus you can receive online 하남 출장마사지 is the 100% free $10 No Deposit Bonus. There 포항 출장안마 are 구미 출장샵 many reasons to get these bonuses. 김천 출장마사지 You must

    BalasHapus

Adbox