Jumat, 02 Juni 2017

Cara Mudah Limit Atau Batasi Video Streaming Youtube Di Mikrotik

Hai sobat ketemu lagi dengan timekom,timekom kali ini akan membahas sedikit mengenai limit atau membatasi video streaming pada youtube,mungkin sobat pernah mengalami koneksi internet karena banyak yang makai internet tapi semua pada streamingan jadi kemungkinan koneksinya pasti lemot bukan.
Nah cara ini sangat cocok jikalau sobat ingin melimit koneksi streaming pada client sobat,biyar tidak menghabiskan bandwith.



Disini timekom akan mencoba mencontohkan cara limit video streaming agar pengguna koneksi internet dapat menggunkan dengan semestinya. Disini kita akan memanfaatkan layer7 filtering untuk trap koneksi streaming.oke langsung saja sobat.

Cara Melimit Videos Streaming Pada Youtube Sebagai Berikut :

1. Pertama kita buat layer7 Filteringnya dahulu Berikut regexp layer7 mikrotik youtube



2.  Tandai koneksi videos youtube sobat jangan lupa memperhatikan interfacesnya,pastikan ke arah Local atau LAN




3. Limit atau Batasi ,kali ini menggunakan Simple Queue.




Nah pada saat browser memulai buffering queue Videos Streaming Youtube akan mulai beraksi, untuk limitnya sesuaikan dengan keinginan sobat, ini bisa berlaku juga untuk jenis videos streaming lainnya bukan hanya untuk youtube saja.

Cara Blokir Video Youtube Di Mikrotik

Agar client tidak bisa streaming video ubah max-limit=128k/128k menjadi max-limit=1k/1k pada queue Videos Youtube client akan tetap bisa mengakses situs youtube tapi tidak bisa streaming videonya dengan kata lain  videos streamingnya di blokir.

Cara Blokir Videos Streamingnya Hanya di Jam Tertentu

Sekarang saya coba contohkan bagaimana buka tutup koneksi videos streaming, anggap saja videos streaming youtube tidak bisa diakses pada jam 09:00-18:00 diatas jam itu bebas atau kita batasi sasja 1Mbps. Disini kita manfaatkan fitur Scheduler mikrotik.




oke sobat semoga tutorial Cara Mudah Limit Atau Batasi Video Streaming Youtube Di Mikrotik bisa membatu sobat,dan semoga bermanfaat buat kita semua,amin,sekian dari timekom,Baca Juga Cara Membuat User Hostpot Secara Masal Di Mikrotik 2017 trimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox