Selasa, 06 Juni 2017

Cara Mudah Konfigurasi Wirelless Point-to-Point Di Mikrotik

Hai sobat jumpa lagi dengan timekom,timekom kali ini akan membahas Cara Mudah Konfigurasi Wirelles Point-to-Point
Di Mikrotik mungkin sobat yang sedang membangun bisnis RT RW Net dengan cara ini sobat bisa mencoba konfigurasi wirelless pada mikrotik,mikrotik memang terkenal dengan product wirelless dan product roouterboard.
Point-to-Point adalah koneksi komunikasi wirelles dua titik,dimana satu client menjadi setation dan satunya lagi menjadi AP pemancar.



Perangkat keras yang digunakan untuk membangun wirelless PTP adalah :

1. Radio Sxt ( RB SXT ) 1 buah\



berfungsi sebagai antena wirelless untuk menangkap sinyal wifi

2. Wirelles Router ( RB433) 1 Buah



merupakan routerboard yang bisa digunakan untuk radio wirelless

3. Panel Sectoral antenna 1 buah



High power wirelless outdoor CPE berfungsi sebagai wirelless access point. penguatan antena yang tinggi dan penutup ketahanan cuaca. Memiliki 12dbi gain antena. daya output yang tinggi dan sensitivitas tinggi RX secara signifikan .

4. PoE



topologinya seperti dibawah ini.



Pertama sobat siapkan alat-alatnya
1. Buka Winbox > wirelless > kemudain wirellessnya di enable, centang wlan1


 Lalu di interfaces list nya akan muncul bridge dan wlan



2. Kemudain buat bridge,kita bridge wlan1 dan ether1



3. Lalu buka Wirelless > doble klik wlan1 > dan setting frekuensi wirellessnya. karena radio ini sebagai pemancar, maka kita setting modenya ap bridge
Mode = Ap bridge
SSID = dapat diisi apa saja, yang penting sisi antara ap bridge dan station bridge sama
Frequensi = silahkan pilih frekuensi yang sesuai perangat radio
Band = pilih mode band harus sams dengan bridge dan station misal 2Ghz-B/G
Scan list = Frekunsi berapa saja yang akan discan network



4. Setting WDS di bridge 1,fungsinya adalah membridge koneksi wirelless ke WDS ke bridge 1,sehingga nantinya akan terhubung dengan ether 1 yang sebelumnya sudah ada di bridge 1.



5. Lalu kita tambah ip gateway radionya
Ip > Address > tambahkan ip gateway radio



6. setelah itu sobat setting radio sisi client/station, caranya hampir mirip dengan settingan radio sisi AP bedanya hanya di mode dan ip saja.






karena radio ini sebagai wirelless client, maka modenya diubah station-bridge, selain itu harus disetting sama persis dengan yang disisi AP





7. Masukkan ip address untuk radio setation



8. Setelah itu sobat scan frekunsi untuk menscan network dan menghubungkan radio client dengan AP , scan dilakukan dari radio client ke ap
Wirelless > Scan > Kemudain pilih SSID AP tadi yang akan dihubungkan dengan station



Nah sampai disini kedua radio bisa saling berkomunikasi ,coba sobat ping antara kedua radio,pasti sudah bisa saling terhubung.
oke sobat sekian dari timekom,trimakasih :)


1 komentar:

  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah aku bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259

    BalasHapus

Adbox