Senin, 29 Mei 2017

Pengertian Proxy Server

Hai sobat ketemu lagi dengan timekom,timekom akan menulis artikel tentang Pengertian Proxy Server ,mungkin kebanyakan orang belum mengenal apa itu proxy server bagaimana cara kerja dari proxy tersebut,Proxy server biasanya berjalan di operasi system linux dan lain sebagainya.
buat sobat yang ingin belajar tentang jaringan ini artikel yang sangat cocok buat sobat yang pemula.



Proxy Server adalah sebuah server atau program komputer yang berperan sebagai penghubung antara satu komputer dengan jaringan internet. atau dalam kata lain, proxy server adalah suatu jaringan yang menjadi pelantara antara jaringan lokal dan jaringan internet. proxy server dapat berupa suatu system komputer ataupun sebuah aplikasi yang bertugas menjadi gateway atau pintu masuk yang menghubungkan komputer sobat dengan jaringan luar.

Cara kerja Proxy Server

Cara kerjanya sebenernya sangat sederhana, ketika seorang pengguna layanan proxy meminta berkas, file, sambungan atau sumberdaya dari pubic server, maka proxy server meneruskannya ke internet seolah-olah proxy tersebut yang meminta. Dan ketika proxy server mendapatkan apa yang diminta pengguna, dia memberikan respon kepada pengguna seolah-olah dia adalah public server (internet). Dengan menggunakan proxy maka identitas komputer akan tersembunyi. proxy ini pada umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server.

Contoh penggunaan proxy server adalah untuk mengakses jejaring sosial dari akntor atau kampus. Banyak pekerja kantoran dan mahasiswa yang tidak bisa mengakses jejaring sosial seperti facebook dan yahoo dilingkungan kantor atau kampus.  Hal ini merupakan kebijakan dari pemilik koneksi jaringan.

Berdasarkan contoh diatas maka dapat disimpulkan bahwa proxy server fungsinya antara lain:


  • membagi koneksi
  • menyembunyikan identitas (ip)
  • memblokir situs yang tidak diinginkan
  • mengakses situs yang diblokir
  • melindungi dan menjaga komputer dari pencurian dan kebocoran data
  • sebagai firewall dari situs-situs yang berbahaya
  • sebagai media untuk menyimpan sejarah browsing dalam bentuk cache
  • merubah topologi jaringan komputer dan lain-lain.
Selain proxy server, ada juga reverse proxy yaitu sebuah proxy yang berada disisi depan webserver yang digunakan untuk mengendalikan dan melindungi koneksi dan melakukan tugas-tugas seperti pengimbangan muatan  (load balancing),dekripsi otentikasi atau caching.

oke sobat sampai disini dulu artikel singkat dari timekom semoga bermanfaat buat kita semua, baca juga pengertian dari Pengertian Ip Address Dan Kelas-kelasnya sekain dan trimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox