Sabtu, 03 Juni 2017

Evolusi Os Android Dari Versi 1.0 Hingga 7.0 2017

Hai sobat jumpa lagi dengan timekom,timekom kali akan membahas tentang Evolusi Android Dari Versi 1.0 Hingga 7.0 2017 mungkin sobat sudah tidak asing lagi dengan kata android,ia Os android os yang saat ini berada di smartphon sobat, dari versi 1.0 hingga 7.0.



Mulanya apple memunculkan iPhone pertama bersystem operasi iOS pada 2007 silam,Ponsel itu menjadi cikal bakal tren nya posel saat ini. setahun setelahnya 2008 android pertama untuk smartphone lahir dan di sematkan pada HTC Dream.

perbedaan yang senikfikan antara android dan iOS tanpak pada perinsip terkebukaanya. Apple memilih iOS secara ekskulsif untuk iPhone, sementara google membuat android secara terbuka untuk vendor yang ingin berkerja sama.

perinsip tersebut membuat android menjadi populer hingga saat ini, perjalanan android pun sudah sampai ke generasi ke 7.0  dalam sembilan tahun terakhir, berikut sejarah perjalanan singkatnya,sebagimana dilaporkan oleh DigitalTren.

1. Android 1.0 (2008)

System ini bisa dibilang sebagai Android bayi yang masih sangat sederhana, pengguna diajak untuk beradaptasi dengan peradaban baru dalam menjajal perangkat baru sebuah alat telekomunikasi mobile.
jika hari ini kita terbiasa menggulir layar ke bawah untuk melihat notifikasi,perlu diketahui asal mulanya dari andriod 1.0 ini.

Sebab di versi inilah google mengenalkan mekanisme pengecekan notifikasi yang kerap diistilahakan pull down notification tersebut.

Sistem operasi ini juga menyatukan layanan Gmail, dua aplikasi tersebut gmail dan market menjadi layanan bawaan purba yang dipatrikan oleh google pada android 1.0.

2. Android 1.5 Cupcake (2009)

Ini adalah debut versi android yang menggunakan nama kudapan manis , tradisi tersebut dipertahankan hingga sekarang.

Pada Cupcake google juga mengenalkan SDK widget untuk developer pihak ketiga. Gunanya agar aplikasi pihak ketiga bisa memiliki widget sendiri layaknya aplikasi bawaan google.

3. Android 1.6 Donut (2009)

Masih ditahun yang sama google tak sabar menghadirkan android baru bertajuk Donut . pada versi ini google mengumumkan bahwa android bisa digunakan untuk perangkat mobile dengan ukuran kayar berapa saja.

Android Donut memunculkan kolom pencarian antarmuka ponsel. pengguna bisa mencari informasi di internet, file local,kontak, dan apa saja secara lebih cepat dengan kolom tersebut.

4. Android 2.0 Eclair (2009)

2009 merupakan tahun productif bagi google dalam menelurkan system operasi. Eclair menjadi Android pertama yang menghadirkan layanan navigasi google maps.
Sistem tersebut menjadi awal mula GPS yang sekarang tidak hanya ada diponsel, tapi juga di mobile-mobile modren. Eclair juga menjadi Android pertama yang mendukung HTML5 pada peramban sehingga bisa memutar video.

5. Android 2.2 Froyo (2010)

Dari segi tampilan android froyo memungkinkan lima panel alyer depan alias home screan , sebelumnya batas panel hanya tiga saja. Froyo juga menambah pilihan keamanan penguncian bagi pengguna dari yang sebelumnya cuma penguncian pola. belakangan dilengkapi dengan opsi penguncian PIN atau PIN lock.

6. Android 2.3 Gingerbread (2010)

menyadari akan kebutuhan netizen untuk selfie google pun membangun versi Gingerbread dengan kemampuan kamera depan untuk membidik foto mandiri, pada versi ini pengguna juga bisa melihat desain ulang antar muka yang cukup signifikan.

7. Android 3.0 Honeycomb (2011)

System operasi ini mendukung tombol virtual untuk home,back, dan menu untuk pertama kalinya. sasarannya pun lebih keperangkat tablet ketimbang smartphone.

8. Android 4.0 Ice Cream Sandwich (2011)

Versi ini memboyong kemampuan pada honeycomb tapi lebih menyasar ke smartphone contohnya saja kemampuan tombol virtual yang hingga sekarang banyak diimplementasikan para vendor.

9. Android 4.1 Jelly Bean (2012)

Jelly bean memungkinkan pengguna menggulir cepat home screan kebawah untuk melihat kumpulan  informasi penting seperti agenda,email,cuaca dan lain-lain. sebelumnya penguliran kebawah cuma melihatkan notifikasi aplikasi.

10. Android 4.4 Kitkat (2013)

Butuh setahun bagi google untuk menghadirkan kitkat. versi android ini memberikan suasanya yang segar dengan pembaruan antar muka breaksen putih dan biru muda.

Pada Kitka google menghadirkan perintah pencarian menggunakan suara di sebut Ok Google fitur ini dirundung puji-pujian dari pakar teknologi.

11. Android 5.0 Lollipop (2015)

Pembaruan yang mencolok pada Lollipop tampak dari sisi desainnya yang diperluas dan disesuaikan dengan zaman. selain itu fitur-fitur yang sudah hair pada Android sebelumnya ditingkatkan.

Inovasi kurang terasa pada versi ini. Satu-satunya yang lumayan baru adalah dukungan untuk gambar berformat RAW.

12. Android 6.0 Marsmallow (2015)

Menu Aplikasi pada android marshmallow benar-benar dibuat baru. Desainnya membaut pengguna naik kelas dari versi sebelumnya. kearena lebih dinamis. Selain itu ada juga fitur memori manager yang memungkinkan pengguna mengecek penggunaan memori pada tiap aplikasi.

13. Android 7.0 Nougat (2016)

Naugat adalah versi android termuktahir yang baru diperkenalkan pada ajang kumpul developer Google pertengahan 2016 lalu . Beberapa lama setelahnya google menghadirkan Nougat secara resmi untuk public.

oke sobat sampai disini dulu informasi yang dapat timekom tulis,semoga atrikel ini bermanfaat untuk sobat semua.amin,trimaksih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox